Kamis, 24 Oktober 2019

Tutorial Konfigurasi Queue Tree pada MikroTik


Di Postingan kali ini saya akan menjelaskan tentang metode management bandwidth dengan metode Queue Tree.

A. Pendahuluan
1. Penegertian
    Queue Tree adalah salah satu metode managament bandwidth yang konfigurasinya membutuhkan bantuan Mangle. Ada 2 metode management bandwidth yang saya ketahui, yaitu Simple Queues dan Queue Tree.

2. Latar Belakang
    Ingin memahami suatu metode management bandwidth dengan Queue Tree.

3. Maksud dan Tujuan
    Agar dapat mengimplementasikannya di kehidupan.

B. Jangka Waktu Pelaksanaan
     1 Hari

C. Alat dan Bahan
     > Laptop
     > Router
     > Kabel UTP
     > Koneksi Internet

D. Pembahasan 
      Queue Tree adalah salah satu metode managament bandwidth yang konfigurasinya membutuhkan bantuan Mangle. Ada 2 metode management bandwidth yang saya ketahui, yaitu Simple Queues dan Queue Tree. Fungsi dari metode ini adalah untuk mengimplementasikan fungsi yang lebih komplex dalam limit bandwidth pada mikrotik dimana penggunaan packet mark nya memiliki fungsi yang lebih baik. Digunakan untuk membatasi satu arah koneksi saja yaitu antara upload atau download.

Berikut Konfigurasinya di MikroTik :
1. Sebelum itu uji dulu kecepatan koneksi internet anda.
2. Masuk ke winbox.
3. Pastikan Router anda telah mendapatkan koneksi internet.
4. Lalu Buat terlebih dahulu Mangle nya > IP > Firewall > Mangle > Add(+) > pada tab General, Chain diisi dengan mode preouroting > pada Src. Address diisi dengan  alamat ip yang akan dilimit.

 
5. Lalu pada tab Action > Pilih Mark Connection > pada kolom New Connection Mark diisi terserah anda. Lalu pada Passthrough hilangkan tanda ! > lalu Apply dan Ok.

 
6. Lalu buat Mangle lagi > Pada tab General,chain diisi dengan mode Forward > Lalu pada kolom Connection Mark diisi dengan nama yang tadi sebelumnya telah dibuat.
 
7. Lalu pada kolom Action diisi dengan mark packet untuk membuat paket mark yang nantinya diisikan di Queue Tree > Lalu pada kolom New Packet Mark diisi sesuai keinginan anda > lalu ada Passthrough hilangkan tanda ! > Lalu apply dan Ok.


 8. Jika telah membuatnya, maka nanti pada tab Mangle akan muncul 2 yang telah kita buat sebelumnya.


 9. Lalu pada masuk Queues > Queue Tree > Add(+) > Pada kolom nama diisi terserah, lalu pada kolom parent diisi ether yang mendapatkan koneksi internet > Lalu pada Max limit diisi terserah anda,saya disi dengan 1M > Lalu apply dan Ok.


 10. > Lalu buat lagi > Pada kolom nama diisi terserah, sebaiknya dibedakan dari sebelumnya > Lalu pada Parent diisi dengan nama yang tadi kita telah buat di tahap 9 > Lalu pada Packet Mark diisi dengan nama yang kita buat di tahap ke 7 > lalu pada Max limit diisi sesuai keinginan anda, disini saya mengisi 512k > Lalu Apply dan Ok.


 11. > Lalu kita uji kecepatan lagi di browser, lalu secara otomatis akan berubah berwarna merah yang tanda nya telah berhasil.


E. Kesimpulan
     Management bandwidth dapat diimplementasikan untuk keperluan jaringan agar yang mendapat jarigan akan merasa adil.

F. Referensi
http://zulfanahmady.blogspot.co.id/2018/03/bandwidth-queue-tree-pada-mikrotik.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

soal no 2

1. Salah satu teknik pengumpulan data dengan cara peneliti melakukan pengamatan secara langsung di lapangan yaitu.... a.Angket b.Wawanca...